Uniknya Upacara HUT RI Ke-74 Di Tempat Pemakaman Umum Di Probolinggo

Probolinggo - Berbeda dengan di tempat lain, di Kecamatan Krasan Kabupaten Probolinggo kegiatan upacara memperingati HUT RI ke-74 tergolong unik. Dari pintu masuk area upacara terdapat dua warga berseragam layaknya anggota TNI yang sedang melakukan pengamanan dan pemeriksaan seluruh peserta maupun undangan yang hadir.

Lokasi yang ditempati upacara adalah di pemakaman umum kecamatan setempat. Meski demikian rupanya keunikan ini  malah mengundang banyak masyarakat  untuk mengikuti upacara tersebut.

Tak heran jika peserta upacara didominasi oleh masyarakat kecamatan kraksan probolinggo. Selain itu rupanya keunikan juga muncul dari kostum yang digukanan peserta, tak hanya pakaian veterandan TNI namun juga ada yang menggunaan pakain pocong hingga kuntil anak.

Terlebih lagi layaknya seperti di istana Negara,  meski komandan upara dari warga sipil namun prosesi kepemimpinannya dilakukan dengan ala upacara militer.  Usai proses pengibaran sang saka merah putih dilakukan seluruh peserta dan undangan secara seksama mendengarkan detik detik proklamasi Republik Indonesia yang dibacakan oleh bung karno sang presiden pertama bangsa indonesia.

“Upacara yang digelar di tempat pemakaman umum ini guna mengingat pejuang yang telah gugur dengan susah payahnya merebut kemerdekaan hingga kita bisa enak seperti saat ini” ungkap Khusnul Fatimah ketua panitia.

Usai menggelar upacara HUT RI ke -74,  kemudian diakhiri dengan meniup lilin kue ulang tahun bangsa Indonesia yang ke-74  secara bersama-sama. (Pendik Riyatno)

Media Kita Bersama