Tes Urine Sopir Bus Antar Kota

Pasuruan – Puluhan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dites urine saat melintas di Terminal Untung Suropati, Blandongan, Kota Pasuruan, Jumat (31/5/2019) Sore.

Mereka diperiksa kesehatannya, termasuk diperiksa ketergantungan obat – obatan atau tidak. Faktanya, dari hasil pemeriksaan, semuanya negatif. Sopir tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk atau ketergantungan obat - obatan.

Satu persatu kru bus mulai kernet,sopir dan kondektur diperiksa oleh tim dokter,mulai tensi darah, hingga cek fisik. Tak hanya dilakukan pengecekan kesehatan, mereka juga dilakukan tes urine, untuk mengetahui adanya kandungan narkoba. Rata-rata keluhan para kru bus ini mengalami kelelahan fisik pada kakinya.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Kadek Ary Mahardika menjelaskan, dalam pemeriksaan semua sopir dalam kondisi normal dan sehat, tapi ada beberapa kondisi sopir yang menjadi catatan, khususnya sopir AKAP. Rata - rata mereka mengonsumsi obat – obatan untuk menjaga kesehatan dan kondisinya.

"Kami sudah mengingatkan para sopir, untuk tidak terus – terusan konsumsi obat - obatan. Lebih baik jaga kondisi dengan makan dan istirahat cukup, jangan dopping suplemen. Ini tidak baik," katanya.

Kadek juga mengatakan, tujuan dilakukan cek kesehatan dan tes urine ini untuk menghindari kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran. Rencananya tes kesehatan akan terus dilakukan sampai arus balik lebaran mendatang. - ZU

 

Media Kita Bersama