Sulap Sampah Menjadi Kerajinan Cantik

Lamongan - Keprihatinan terhadap sampah membuat masyarakat RT 05 RW 02  Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng Lamongan harus melakukan perubahan. Ditangan masyarakat Sumberwudi sampah di sulap menjadi sebuah kerajinan yang bernilai tinggi.

Dengan berbahan sampah bekas minuman gelas air mineral dan bungkus kopi, masyarakat mampu merubahnya menjadi sebuah tas, dompet, hingga tempat minuman gelas cantik.

Pembuatanya juga mudah yakni, Pertama sampah minuman gelas di potong bagian atasnya, lalu potongan tersebut dijadikan satu untuk membentuk sebuah gagang tas. Sementara sampah bekas bungus kopi dilipat kemudian dirajut hingga menjadi bagian tas. Lalu kedua bahan sampah tersebut dijadikan satu dan menjadi sebuah kerajinan tas cantik. Tak lupa bagian tas setengah jadi kemudian diberi aksesoris lainnya berupa tali dan pita serta bunga.

Sejauh ini kerajinan berbahan sampah milik masyarakat sumberwudi sulit dalam pemasaran. Meskipun kualitas tas berbahan sampah ini tidak kalah bagusnya dengan tas terbuat dari kulit. Namun warga berharap pemerintah daerah bisa membantu mempromosikan hasil kerajinan masyarakat berbahan limbah sampah dengan upaya mampu menembus pasar lokal maupun pasar internasional. “Kita berharap pemerintah lamongan turun tangan membantu warga untuk membuka pasar bagi kerajinan sampah yang dialkuakn warga”, pungkas M Syakuri kades Sumberwudi. (Ferry)

 

Media Kita Bersama