Ratusan Satwa Ilegal Dibakar

Sidoarjo – Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya musnahkan ratusan barang bukti yang merupakan satwa dan tumbuhan karantina ilegal yang didapat dari luar negeri. Pemusnahan ratusan satwa diantaranya burung, dan juga tumbuhan, diantaranya  bibit pertanian tersebut dilakukan dengan cara dibakar.

Barang bukti ini merupakan hasil penindakan dari  Bulan Januari hingga Mei  2019 lalu. Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Ali Jamil, mengungkapkan setelah melewati pemeriksaan karantina, diketahui ratusan barang bukti ini tidak dilengkapi dengan dokumen resmi.

Adapun hewan dan bibit ini didapat melalui tiga wilayah kantor pos, pelabuhan dan bandara juanda yang nilainya diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.  Terbukti melanggar aturan, petugas terpaksa membakar seluruh satwa yang dipastikan dalam kondisi mati.

"Ratusan barang bukti tersebut didapatkan dari wilayah kerja kantor pos kediri, pelabuhan tanjung perak surabaya, dan bandara juanda surabaya. Dan semuanya ini dimusnahkan dengan cara dibakar," ujar ali jamil. -AAN

 

 

Media Kita Bersama