Milenial Wajib Kenal Budaya Panji

Surabaya – Bagi generasi milenial, mungkin asing dengan budaya panji atau panji culture. Karena tradisi ini mulai tergantikan dengan maraknya penggunaan gadged dan media sosial. Padahal, panji culture merupakan identitas bangsa yang dahulunya berkembang salah satunya cerita rakyat. Dan lebih spesial lagi budaya panji ini asli berasal dari Jawa Timur. Bahkan kini panji cultur mampu berkembang di Asia Tenggara seperti salah satunya cerita Wayang Mahabarata.

Mengingat tradisi ini mulai terkikis, pemerintah Jatim melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Jatim bekerjasama dengan perguruan tinggi di Surabaya, menggelar acara Festival Panji Nusantara 2019. Dengan mengundang ratusan siswa Sma dan Smk dari Surabaya untuk mengenal tradisi ini. Adapun acara ini digelar dengan seminar panji culture, pertunjukan tari, serta pameran busana dengan khas pewayangan.

Saking tak dikenal, salah satu pelajar SMA di Surabaya Vira Mei mengaku bangga dengan adanya budaya panji ini. Ia pun baru menyadari jika Jawa timur memiliki kearifan lokal yang mampu dikenal hingga manca negara.

“Seneng, bangga, baru kali ini tahu yang namanya panji culture. Kalau dulu sih sering didongengin mama, tentang cerita timun mas”, pungkasnya.

Adanya panji culture saat ini sangat penting untuk memepertahankan kearifan lokal Jatim dan kecintaan generasi milenial terhadap budaya asli Jawa Timur. Agar nantinya identitas bangsa melalui budaya lokal tidak hilang oleh perkembangan jaman.

Dengan demikian, Evi Wijayanti sebagai Kepala UPT Disbudparta Jatim masih melakukan  upaya koordinasi kepada Dinas Pendidikan agar bisa menjadikan budaya panji sebagai salah satu kurikulum pembelajaran.

“Kita masih lakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Jatim, agar kelak panji culture ini bisa masuk menjadi salah satu ajaran wajib kesenian. Meskipun saat ini beberapa sekolah salah satunya di Malang sudah menerapkan pembelajaran panji culture. Kita harus terus dukung itu”, imbuhnya. (Maya Ayu)

 

Media Kita Bersama