KSAL Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Armada Jaya ke-37

Surabaya - Tni angkatan laut melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka, latihan armada jaya ke 37 tahun anggaran 2019 di dermaga ujung koarmada dua, Tanjung Perak Surabaya, Selasa (09/07). Gelar pasukan latgab armada jaya ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Latihan armada jaya ke 37 ini melibatkan 8.493 personil dengan perincian, 1.959 personil pada tahap geladi posko, dan 6.534 personil terlibat pada tahap manuvra lapangan. manuvra lapangan tersebut terbagi dalam beberapa komando tugas diantaranya, komando tugas laut gabungan (Kogaslagab) komando tugas gabungan amfibi (Kogasgabfib ), komando tugas gabungan pendaratan adminitstrasi (Kogasgabratmin) dan komando tugas gabungan pertahanan pantai (Kogasgabhantai).

Tidak hanya ribuan personil, latihan armada jaya juga melibatkan seluruh alutsista milik tni angkatan laut, diantaranya kapal perang (KRI) berbagai jenis, seperti kapal selam, perusak kawal rudal, kapalcepat rudal, perusakkawal, angkut tank, buru ranjau, hingga kapal bantu rumah sakit.

Selain kapal perang, juga dilibatkan berbagai jenis pesawat udara fixed wing dan rotary wing, serta alutsista marinir seperti BMP 3F, BVP 2, KAPAK-61/ rubber boat serta puluhan kendaraan pendarat amfibi milik korps marinir.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menegaskan, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan dan staf kkomando tugas gabungan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan militer, dalam pelaksanaan operasi gabungan tni dan meningkatkan profesionalisme prajurit tni angkatan laut.

“Selain itu tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama antar prajurit dalam melaksanakan tugas operasi gabungan TNI, teruji dan terevaluasinya doktrin operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi, operasi dukungan pasukan khusus dan operasi dukungan informasi serta doktrin pendukung lainnya”, pungkasnya. -KRIS

 

 

Media Kita Bersama