Gempa 6,0 Skala Ritcher Rusak Rumah Warga

Banyuwangi – Diguncang gempa berkekuatan 6,0 skala ritcher, mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara, pukul 07.18 WIB, Selasa, 16 Juli 2019. Akibatnya, enam bangunan diantaranya rumah warga rusak parah. Adapun bangunan yang rusak hingga hampir rata dengan tanah.

Salah satunya rumah Painem, warga RT 05 RW 05, Dusun Krajan, Desa Wonosobo, Banyuwangi. Genteng dan dinding rusak akibat guncangan gempa. Nahasnya, Painem yang saat itu sedang mencuci piring juga menjadi korban akibat tertimpa runtuhan dinding dan atap rumah yang menghantam bagian kepalanya.

“Wes gak tau lari saya, kora-kora sambil duduk mau pergi malah ketampanan tembok terus kependem, sudah tidak tahu saya, cuci piring sambil duduk, mau lari sudah tertima dinding, terus terpendam direruntuhan)”, pungkasnya. Usai kejadian Painem langsung dilarikan ke puskesmas terdekat guna mendapatkan penanganan medis. Ia juga mengungkapkan kejadian begitu cepat hingga tak sadarkan diri, dan saat sadar ia sudah berada di ruang perawatan.

Sementara itu, dari penjelasan kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, Fajar Suasana mengatakan, akibat gempat ini terdapat enam titik bangunan di Banyuwangi yang melami rusak ringan hingga rusak berat. Tidak hanya merusak rumah warga namun Fajar juga sebutkan kerusakan juga menimpa kantor kecamatan.

Sedangkan dari rilis BMKG kelas Dua B Banyuwangi, menyebutkan gempa yang mengguncang kabupaten banyuwangi Selasa lalu berada di Barat Daya Nusa Dua Bali dengan kedalaman  68 Km. Meski terdapat gempa susulan berkekuatan rendah, namun warga diminta waspada dan tidak perlu kawatir, lantaran gempat tersebut tidak berpotensi sunami.(Pendik Riyatno)

Media Kita Bersama