Bupati Pacitan Jamin Lokasi Wisata Bebas Dari Hepatitis A

Pacitan – Wabah hepatitis A yang menjangkit seribu sembilan puluh tiga warga Pacitan, Jawa Timur hingga ditetapkan status kejadian luar biasa (KLB), berdampak di sektor wisata Kabupaten Pacitan. Bahkan saat ini, hampir sejumlah lokasi wisata pantai andalan Kabupaten Pacitan sepi pengunjung.

Bahkan dari data di pemerintah daerah, sejak tiga pekan terakhir jumlah pengunjung turun hingga 80%. Sejumlah calon wisatawan tujuan Pacitan mengaku sengaja membatalkan berlibur ke kota yang dikenal dengan julukan kota 1001 goa ini, karena takut terjangkit virus yang menyerang liver dan hati.

Litha Rohanif misalnya, warga Ponorogo ini terpaksa membatalkan niat berlibur ke sejumlah pantai di Pacitan karena takut terjangkit virus hepatitis A.“Takut mas, apalagi proses penularan virus yang belum ditemukan obatnya ini sangat mudah, hanya dari makanan maupun bersentuhan dengan penderitanya”, imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indartato berharap, calon wisatawan untuk tidak khawatir berkunjung ke Pacitan. Sebab daerah wisata Pacitan bebas dari wabah hepatitis karena berada di Pacitan bagian barat. “Yang terjangkit virus hepatitis A berada di Pacitan bagian timur”, terang Indrato. Meski berani menjamin wisatawan tidak akan tertular virus hepatitis A, namun bupati tetap menghimbau kepada wisatawan yang ada di Pacitan untuk selalu menerapkan pola hidup bersih. -SUM

 

 

Media Kita Bersama