BPJS Akan Tetap Melayani Saat Lebaran

Sidoarjo – Peserta jaminan kesehatan nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir menjelang masa libur lebaran tahun 2019. Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei – 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota. Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Antisipasi membludaknya pasien pada masa lebaran, BPJS Kesehatan Sidoarjo dan BPJS Kesehatan Pasuruan pastikan seluruh rumah sakit di wilayah Sidoarjo dan Pasuruan tetap akan layani kepesertaan JKN KIS kepada para peserta BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta saat mudik.

Disampaikan Kepala BPJS Kesehatan cabang Sidoarjo, Sri Mugirahayu, bahwa peserta BPJS dapat memanfaatkan pelayanannya di seluruh rumah sakit yang ada di Sidoarjo. Sri Mugirahayu, menegaskan, total untuk pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Di 17 rumah sakit yang berada di Sidoarjo semuanya dapat diakses dan terlayani pelayanannya.

“Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta,” tegas Sri Mugirahayu.

Selain itu bagi kepesertaan JKN KIS yang tengah mudik dan tidak terdaftar dalam fasilitas kesehatan tingkat pertama di tempat tersebut, nantinya tetap dapat dilayani di Puskesmas, Klinik maupun IGD Rumah Sakit di Sidoarjo.

Hal serupa juga dilakukan oleh BPJS Kesehatan Pasuruan, pelayanan bagi peserta akan dipermudah tanpa adanya surat rujukan, untuk melakukan pengobatan dimana peserta saat itu berada. 

Bahkan untuk keadaan darurat,setiap rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, siap memberikan pelayanan pengobatan sesuai dengan keadaan peserta. Selain itu juga untuk obat-obatan yang habis pada libur lebaran bisa mengambil sebelum berangkat, atau saat sampai di lokasi dimana peserta berada. 

Diharapkan dengan tetap terlayaninya para peserta BPJS, nantinya penanganan kesehatan bagi para calon pasien yang menjalani mudik lebaran dapat tetap terlayani dengan baik. Sehingga para peserta BPJS yang mudik saat lebaran tidak perlu khawatir lagi. -TL

 

 

 

Media Kita Bersama